HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CARRIER
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.163.39.19
Pengunjung : 249.271






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017             |             Selamat kepada Reynard Adrian Simajuntak dan Cristoper marcellino Siswa Stella Duce Yogyakarta yang membawa medali di ajang Expo Science Mexico 2017 pada 04 – 11 Desember 2017             |             SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Artikel :



Opini Siswa : Love and Save Our Earth


Selasa; 04 December 2012 [Triyanah, TARAKANITA BENGKULU] - Artikel Umum

Bumi merupakan satu – satunya planet di Galaksi Bimasakti dengan 2/3 permukaannya ditutupi oleh air.  Bumi merupakan rumah bagi semua mahluk hidup, mulai dari ratusan bahkan milyaran tahun yang lalu.

Manusia merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, yang dipercayai oleh-NYA untuk memegang kendali di atas muka bumi. Tetapi dewasa ini, manusia seakan tidak lagi peduli dengan tanggung jawab besar ini.

Manusia terus melakukan banyak pembangunan, sayangnya pembangunan yang dilakukan oleh manusia, tidak lagi memperhatikan kestabilan lingkungan hidup. Hal ini menyebabkan semakin banyak  bencana alam yang melanda, dan seakan menjadi momok bagi ketenteraman hidup kita.

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya fenomena alam pemanasan global itu bisa terjadi walaupun tanpa campur tangan manusia. Pada ratusan tahun yang lalu, pemanasan global itu terjadi akibat dari aktivitas vulkanik, kebakaran hutan, maupun penyebab lainnya yang berasal dari luar bumi, contohnya aktivitas matahari, dan meteor. Sedangkan dewasa ini, akibat dari semakin banyaknya aktivitas  manusia proses fenomena alam menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Banyak sekali kegiatan manusia yang sangat merugikan bumi kita, di antaranya pembakaran sampah, penggunaan kendaraan yang berlebihan, yang berdampak pada terjadinya polusi udara selain itu eksploitasi minyak bumi yang berlebihan dan menggunakan bahan – bahan yang tidak ramah lingkungan, seperti plastik, Freon / CFC pada pendingin ruangan atau kulkas, penangkapan ikan yang berlebihan, pengrusakkan hutan dan terumbu karang, melakukan pemburuan pada hewan – hewan langka yang dilindungi, pembuangan limbah yang tidak pada tempatnya, penggunaan listrik dan air yang berlebihan, dan masih banyak lagi.

Setelah kita mengetahui akan berbagai kegiatan yang bisa merusak bumi kita, apakah kita hanya berdiam diri meratapinya ? STOP…! Jangan lakukan itu ! Kita harus bahu membahu saling membantu memperbaiki kondisi bumi kita yang sedang sakit ini.

Berbagai langkah untuk melakukan perbaikan itu antara lain : menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, melarang penggunaan pendingin ruangan dan kulkas yang mengandung zat CFC, hindari bahan aerosol pada deodorant atau produk-produk semprot lainnya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, menghemat penggunaan listrik, dan air, mendaur ulang sampah, menangkap ikan di laut, sungai, atau danau dengan berat minimal 600 gram (seperti yang dianjurkan oleh WWF), melakukan gerakkan reboisasi dan gotong royong membersihkan lingkungan, wajibkan penghijauan rumah, hindari penggunaan plastik yang berlebihan, gunakan tas khusus belanja, saat belanja ke pasar ataupun supermarket, hemat penggunaan kertas, dan tissue, kurangi pembangkit listrik tenaga diesel, beralihlah ke pembangkit listrik tenaga surya, angin, panas bumi, dan air, membangun suakamarga satwa dan cagar alam untuk melindungi hewan – hewan dan tumbuhan – tumbuhan langka, mengurangi konsumsi daging, gunakan pemanas air tenaga surya, menggunakan lampu hemat energi, maksimalkan pencahayaan dari alam, dan bantulah lembaga – lembaga lingkungan lainnya untuk mensosialisasikan gerakan penyelamatan lingkungan, melalui berbagai media massa dan pesan eletronik, dan masih banyak langkah – langkah lainnya.

Kita manusia memiliki kewajiban untuk memelihara lingkungan ini dan bumi ini. Karena semuanya yang ada di bumi ini, memiliki hubungan dan ketergantungan dengan lainnya. Bila kita masih memiliki sikap sombong, tak mau tahu, dan cuek, siapa lagi yang akan merawat bumi ini ? Haruskah para nenek moyang kita yang selalu dekat dengan alam, marah dan mengutuk kita yang sekarang hidup di era pembangunan ? Yuk, jangan kecewakan mereka, dan jadilah ringan tangan untuk membuat kondisi bumi ini semakin baik.

LOVE & SAVE OUR EARTH, OUR HOME…







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :