HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.204.176.125
Pengunjung : 407.593


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Berita Kegiatan :



Pengendalian Vektor DBD (Demam Berdarah Dengue)

Kamis; 05 March 2020 [Yulius Paskalis Harmoko, TARAKANITA BENGKULU] - Berita Umum

Maraknya peristiwa Demam Berdarah yang menyerang peserta didik, mulai dari tingkat TK, SD, dan SMP Sint Carolus membuat pihak Puskesmas Pasar Ikan dan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu  berinisiatif memberikan penyuluhan terkait DBD di Aula SD Sint Carolus pada hari Senin, 2 Maret 2020. Para orangtua yang mengikuti penyuluhan ini terlihat sangat antusias mendengarkan pemaparan dari ibu Chory Abqoriah, S.KM, M.Si selaku Kasi. Pencegahan dan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.

“Penyakit Demam Berdarah adalah penyakit menular yang ditandai dengan panas (demam) disertai pendarahan. Penyakit DBD ini sendiri disebabkan oleh Virus Dengue, yang menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty. Nyamuk ini tinggal di tempat yang bersih dan air yang tenang, seperti bak mandi, pot bunga dan kolam. Nyamuk-nyamuk Aedes Aegypty aktifpada pukul 08.00-11.00 pagi dan pukul 14.00 – 17.00 di sore hari. Gejala awal bagi penderita DBD dapat dilihat dengan memperhatikan panas tubuh yang mendadak dan terus-menerus pada hari pertama dan kedua, kemudian di hari ke tiga demam turun dan suhu tubuh naik kembali di hari ke 4 sampai hari ketujuh. Pada tubuh juga terdapat bintik-bintik merah. Namun, untuk lebih jelasnya harus dilakukan uji lab di Puskesmas atau Rumah Sakit dengan hasil PGM/PGG positif” demikian ibu Chory memulai pemaparannya.

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan secara sederhana untuk mencegah DBD antara lain :

-Menanam tanaman anti nyamuk seperti kunyit putih, sirsak, serai, bunga marigold.

-Menempatkan ikan cupang di dalam kolam atau pot bunga yang mengharuskan ada air di dalamnya.

-Memberikan abate pada bak mandi atau pada wadah-wadah lain yang digunakan menampung air namun jarang dibersihkan.

-Gerakan 1 rumah 1 Jumantik (Juru Pemantau Jentik) yang bertanggungjawab mengawasi kegiatan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) 3 M (menguras,mengubur,menutup) wadah berisi air.

 

Berdasarkan hasil temuan yang telah dilakukan pihak Puskesmas Pasar Ikan, lingkungan sekolah baik SD maupun SMP Sint Carolus bersih dari jentik-jentik nyamuk sehingga sumber penyakit DBD yang dialami para peserta didik bukanlah dari lingkungan sekolah. Hasil temuan ini juga yang menjadi dasar bagi pihak Dinas Kesehatan untuk tidak melakukan fogging.   “Fogging bukanlah pilihan yang tepat untuk memberantas nyamuk DBD. Banyak dampak negatif yang diakibatkan oleh cairan fogging ini, antara lain asma, anemia, leukemia, radang paru-paru bahkan gagal ginjal. Maka hal paling tepat yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan PSN di rumah masing-masing, selain tidak berdampak negatif, juga hemat biaya” kata dr. RA Yeni Warningsih  selaku kepala UPTD Puskesmas Pasar Ikan.

 

“Sekolah kita sudah melakukan gerakan anti plastik dan sterefoam, maka kami menghimbau para orangtua peserta didik untuk membekali peserta didik dengan makanan sehat yang diolah di rumah, bukan makanan yang hanya berpindah tempat, dari plastik kemasan ke kotak bekal. DBD rentan





Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :