HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.204.187.106
Pengunjung : 417.223


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Berita Kegiatan :



Pendidikan Politik Anak Milenial

Selasa; 02 June 2020 [Yulius Paskalis Harmoko, TARAKANITA BENGKULU] - Berita Umum

Jumat 29 Mei 2020, artis, politikus,  sekaligus orangtua siswa SD Tarakanita 2 Jakarta Rieke Diah Pitaloka, M.Hum atau yang lebih dikenal dengan sapaan oneng memberikan kesempatan bagi seluruh siswa SMA dan SMK Tarakanita untuk mengenal politik dan bagaimana menyikapi politik di usia muda.”Pendidikan Politik untuk Generasi Muda” demikian tema yang diangkat dengan 500 partisipan yang terdiri dari siswa dan guru SMA/SMK Tarakanita se-Indonesia. Ibu Esli Yunita Sari, S.Si Guru SMA Gading Serpong didapuk menjadi moderator saat pembelajaran online lewat aplikasi Zoom tersebut berlangsung. Tidak tanggung-tanggung, bahkan kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui youtube dan diikuti oleh siswa-siswa dari sekolah lain juga orangtua siswa pastinya.

Seru dan menyenangkan, karena bu Rieke menyapa setiap partisipan yang ikut memberikan pertanyaan-pertanyaan saat pembelajaran berlangsung bahkan memberikan hadiah berupa buku di akhir pertemuan berisi pidato Pak Soekarno selaku Presiden I RI.

“Politik menurut saya adalah pekerjaan mulia karena dengan berpolitik kita bisa memberikan perubahan-perubahan yang dibutuhkan” demikian bu Rieke menyampaikan pandangannya tentang politik di awal pertemuan. “Segala hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dari kebutuhan pangan (sembako), kesehatan bahkan anggaran pendidikan dan masih banyak hal lainnya pastilah  berkaitan dengan keputusan politik ”tambahnya lagi.

Kurangnya pemahaman akan politik membuat kaum milenial terkesan apatis dan mati rasa karena aktor politik menunjukkan hal-hal yang kurang baik untuk diteladani, misalnya tidur saat rapat. Atau bahkan yang lebih parahnya lagi media massa juga turut memberikan informasi yang kurang tepat bagi masyarakat sehingga membuat kaum muda semakin anti terhadap politik.

Politik tidak bisa lepas dari Pancasila sebagai dasar negara. Peran penting sekolah dalam politik sendiri adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila baik melalui pelajaran di kelas maupun dalam kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan. Nilai-nilai Pancasila yang memperjuangkan keadilan bagi kaum miskin dan lemah pastinya juga sudah dihidupi di sekolah Tarakanita melalui visi misi yang diembannya dan Pendidikan Karakter Tarakanita yang selalu digaungkan bagi para siswa yang menempuh pendidikan di sekolah-sekolah Tarakanita

Menurut bu Rieke “Pancasila mengajarkan keadilan dan cinta kasih. Keadilan dan Cinta Kasih bagaikan 2 sisi mata uang. Keadilan tanpa cinta kasih akan mati rasa begitupun jika cinta kasih tanpa keadilan akan kehilangan makna”.

Sr. Laurentina, CB selaku Sekretaris Eksekutif Yayasan Tarakanita juga tak lupa menyapa partisipan dan bu Rieke sebelum pembelajaran berakhir. Sr. Laurentina berharap adanya  pencerahan berpolitik yang dibawakan oleh bu Rieke membuat anak-anak untuk tidak takut terhadap politik. “Menyuarakan kebenaran dan keadilan banyak resikonya, tetapi jika kebenaran yang akan disuarakan pasti akan mendapat berkat dari Tuhan”tandasnya lagi.







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :