HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.204.187.106
Pengunjung : 417.187


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Berita Kegiatan :



Cerdas Mengelola Stres Saat Persiapan Hadapi New Normal Bersama Psikolog Tika Bisono

Rabu; 17 June 2020 [Yulius Paskalis Harmoko, TARAKANITA BENGKULU] - Berita Umum

Jika sebelumnya yang mengikuti PJJ online adalah siswa-siswi SMA/SMK, SMP dan SD Tarakanita se Indonesia, kali ini jenjang KB/TK juga mendapat kesempatan untuk belajar daring lewat aplikasi zoom bersama seorang psikolog ternama di Indonesia Dra. Tika Bisono. M. Psi T., Psikolog. Tika Bisono merupakan alumni SMA Tarakanita 1 Jakarta yang sekarang banyak memberikan lokakarya di berbagai komunitas di Indonesia termasuk kemenkes tentang pola perilaku sehat. Selain itu, Ibu Tika Bisono juga sudah banyak menulis buku dengan salah satu karyanya yang cukup menyita perhatian publik “Hajar Narkoba”. Pada hari Rabu, 17 Juni 2020 Ibu Tika Bisono memberikan materi terkait bagaimana mengelola stres saat nanti menghadapi new normal di hadapan 234 peserta pertemuan daring yang juga banyak diikuti orangtua peserta didik KB/TK.

Menurut ibu Tika, “Stres adalah perubahan signifikan pada aspek fundamental kehidupan “ Stres sangat berpengaruh terhadap kehidupan di rumah, tempat kerja bahkan pola hidup. Wilayah sosial yang menjadi sumber terbesar stres adalah  interaksi  yang kita hidupi setiap hari dengan orang-orang di sekitar kita seperti keluarga;  anak, istri, suami atah bahkan anggota keluarga lainnya. Hilangnya interaksi sosial terutama di masa pandemi yang membuat semua orang harus stay home juga membangun tingkat stress yang lebih tinggi. Kondisi ini bahkan membuat manusia yang pada dasarnya makhluk sosial terkesan “anti sosial” karna situasi yang tidak memungkinkan.

Dalam kondisi saat ini, dimana pandemi covid masih terjadi siap atau tidak kita “terkesan” dipaksakan untuk kompromi dengan situasi “New Normal” yang persiapannya pun masih prematur.  Banyak tantangan yang harus dihadapi untuk memasuki masa new normal. Mulai dari kesiapan diri peserta didik, orangtua, sekolah, pemerintah , dana dan hal-hal teknis lainnya. Dan dalam kondisi kita yang berada dipersimpangan antara berhasil atau tidaknya dalam mengelola stress, kita juga dituntut untuk optimis dan mempersiapkan diri dengan baik.

Ibu Tika Bisono memaparkan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stress pasca pandemic covid 19, antara lain :

  • Perlu  kesadaran diri (awareness). Sadar akan situasi di sekitar kita .
  • Kewaspadaan moral ; banyak aturan sosial yang dapat membantu mengurangi resiko terpapar penyakit.
  • Takut pada orang lain; jika kita merasa terancam, kita cenderung tidak percaya pada orang lain.
  • Mengikuti  aturan sosial yang baru termasuk jaga jarak 1 meter.
  • Berdamai dengan covid yang ditandai dengan kekebalan perilaku. Jika memang harus menggunakan masker, maka tetap gunakan.
  • Lebih banyak interaksi tanpa kontak terhadap  orang luar ; misalnya melalui virtual
  • Belajar untuk menguasai teknologi agar tidak tertinggal karena nantinya infratsruktur digital akan semakin kuat.
  • Mulai menggunakan aplikasi-aplikasi untuk berbagai kebutuhan; misalnya belanja kebutuhan lewat online.
Di akhir sessi ibu Tika berpesan “tetap semangat ,  pelihara harapan positif, jangan takut, tetap disiplin, jaga kesehatan dan selalu berdoa”. Terimakasih ibu Tika, semoga tantangan perubahan ini nantinya dapat dilewati dengan baik 





Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :